Selasa, 07 November 2023

Apa sih Perawatan Saluran Akar itu?

PERAWATAN SALURAN AKAR?

ATAU PERAWATAN AKAR GIGI?

 

Hi, Sobat Dentzone! Kembali lagi dengan Minkes!

Minkes, apa sih perawatan akar gigi itu?

 

Hayo, perawatan saluran akar atau perawatan akar gigi?

Sini, sini… Mari kita bahas bersama dengan Minkes!

 



Gini gais, yang bener itu ‘Perawatan Saluran Akar’ bukan perawatan akar gigi. Terus bedanya apa, Minkes? Beda dong jawabannya, kalo akar gigi itu jaringan periapikal pada gigi yang menempel pada cementum gigi. Tapi kalo saluran akar gigi itu saluran yang berada di dalam gigi itu sendiri. Sederhananya akar gigi dibagian luar, saluran akar itu di balik dinding akar itu sendiri.

 

Nah, terus apa sih Minkes ‘Perawatan Saluran Akar’ itu? Perawatan Saluran Akar menurut Minkes itu merupakan perawatan kompleks untuk mempertahankan keadaan gigi agar tidak terasa sakit terus menerus. Perawatan saluran akar ini dilakukan apabila gigi biasanya sudah sakit yang tidak bisa tertolong, timbulnya nyeri spontan pada gigi berlubang yang tak kunjung selesai, dan sakit yang parah hingga tidak bisa tidur di malam hari. Nah perawatan saluran akar ini tidak sesuka hati langsung dilakukan tindakan, namun biasanya dokter gigi melakukan anamnesa hingga penarikan diagnose dengan tepat terlebih dahulu. Biasanya perawatan saluran akar apabila dari hasil pemeriksaan intra oral dilakukan dengan benar dan terindikasi pro perawatan saluran akar. Ooo iya, perawatan saluran akar ini harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis endodonsi ya. Tidak bisa dilakukan oleh sembarang dokter gigi.

 

Terus min, apa sih diagnose yang perlu dilakukan ‘Perawatan Saluran Akar’? Nah, ini pertanyaan yang sering ditanyakan banyak masyarakat. Biasanya diagnose kedokteran giginya itu Pulpitis. Pulpitis itu peradangan yang terjadi dia area pulpa gigi atau saluran akar gigi itu. Kemudian pulpitis itu sendiri terbagi menjadi dua, ada pulpitis reversible dan pulpitis irreversible. Nah kalau diagnose yang membutuhkan ‘Perawatan Saluran Akar’ itu dinamakan Pulpitis Irreversible atau bisa dikatakan peradangan pada saluran akar gigi yang sudah parah sehingga membuat sakit yang tidak karuan.

 

Gimana? Sudah paham kan apa itu ‘Perawatan Saluran Akar’? jadi, buat sobat Minkes nih, jangan sampai ada lubang yang parah dan harus dilakukan ‘Perawatan Saluran Akar’ ya, karena perawatan ini membutuhkan waktu yang panjang dan perawatan yang lebih kompleks.

 

Ayo! Cegah gigi berlubang dengan gosok gigi minimal dua kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur)!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puskesmas Terbaik Ke 2 di Kota Semarang?

HAI, FRIEND MINKES! MASIH BINGUNG TEMPAT PERIKSA GIGI DIMANA? NIH, MINKES KASIH TAU !!!   Min, Dimana sih Puskesmas terbaik di Semar...